Pengalaman Mendaftar Universitas di Swedia

13.01

 

https://www.universityadmissions.se/
Ketika mencoba untuk mendaftar beasiswa Swedish Institute Scholarship (SISGP) pada akhir tahun 2019, ada salah satu persyaratan yang harus saya penuhi, yaitu secara paralel mendaftar ke universitas yang dituju. Berbeda dengan negara lain yang bisa mendaftar langsung ke universitas, khusus untuk Swedia, pendaftaran universitas, baik untuk S1 maupun S2, semua dipusatkan pada situs www.universityadmission.se. 

Awal-awal tahu tentang hal ini, bikin kagum juga ya sama Swedia. Emang bener yang dibilang Pak Sony kalo sistem pendidikan Swedia itu bagus, bisa dilihat gimana mereka bener-bener terorganisir, bahkan mulai dari proses pendaftaran universitas. Berharap, semoga someday sistem pendidikan di Indonesia bisa lebih baik lagi kayak Swedia ya, hehe.. Pasti keren deh..

Okay, jadi buat kalian yang pengen daftar ke universitas di Swedia, ada beberapa tahapan yang perlu kalian lakukan, yaitu : 

1. Buka situs https://www.universityadmissions.se

2. Di halaman depan, kalian nantinya akan menemui kolom untuk search Course atau Programmes berdasarkan musim masuk kuliah. Di Swedia mereka membedakan musim masuk kuliah itu sesuai musim di negaranya, yaitu Spring (kuliah Mar-Jun), Autumn (kuliah mulai Agt), dan Summer. 

3. Kalian bisa mulai membuat akun baru (create an account) dan mengisi data-data yang diperlukan.

4. Setelah itu kalian akan mendapatkan email konfirmasi bahwa akun baru telah berhasil didaftarkan.

5. Log in kembali ke situs https://www.universityadmissions.se menggunakan email dan password yang telah didaftarkan.

6. Kembali ke halaman Home, dimana kamu akan menemukan tampilan kolom search Courses and Programmes. Mulai lakukan riset untuk memilih jurusan dan universitas yang kamu tuju. Di situ akan ditampilkan jurusan dan universitas mana yang sedang buka pendaftaran dan yang sudah tutup. 

7. Sebagai contoh, saat saya menulis blog ini, pembukaan jurusan dan universitas memang terbatas. Jadi misalkan saya pilih Master of Tourism and Sustainability dan Master of International Tourism Management di Linnaeus University seperti yang ditampilkan di bawah ini, klik Select. 

8. Setelah itu klik di My Selection, maka akan ditampilkan jurusan yang sudah kita pilih tadi. 

9. Klik Start Application, maka kalian akan diarahkan ke halaman dimana kalian harus memberikan ranking pada pilihan tersebut, mana yang akan menjadi pilihan pertama kalian, mana yang akan jadi pilihan kedua. Karena nantinya di sistem universityadmission, aplikasi dokumen kalian akan diarahkan ke pilihan pertama terlebih dahulu, jika tidak lolos di pilihan pertama baru akan dilanjutkan ke pilihan kedua dan seterusnya. O iya, untuk jumlah pilihan saat sekali mendaftar seinget saya antara hingga 4 pilihan jurusan, mungkin nanti bisa dicek kembali ya.



10. Setelah kalian mengkonfirmasi ranking pilihan, kemudian klik continue, isi data bahwa kalian berasal dari Indonesia, kemudian submit. Nantinya dari sistem universityadmission akan melakukan assessment untuk menentukan apakah kalian wajib membayar biaya pendaftaran universitas atau tidak. Bagi pendaftar yang berkewarganegaraan EU (European Union), setau saya tidak akan ada biaya yang dibebankan ke pendaftar alias gratis. Namun bagi warga negara lain, seperti Indonesia, ada biaya pendaftaran sebesar kurang lebih SEK900 atau sekitar Rp 1.400.000,-. Biaya ini bisa dibayarkan menggunakan kartu kredit.

11. Jika konfirmasi pembayaran dari universityadmission sudah keluar, maka yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah mengunggah (upload) dokumen, menyesuaikan dengan persyaratan masing-masing jurusan dan universitas ya (bisa di cek di situs jurusan terkait). Contohnya untuk pendaftaran SISGP dulu, saya mendaftar di Lund University dimana dokumen yang perlu diupload untuk masing-masing pilihan berbeda. Di pilihan pertama saya yaitu Master of International Marketing and Brand Management, saya perlu upload dokumen CV, Ijazah, Transkrip Nilai, Passport, IELTS Score, Statement of Purpose dimana semuanya dalam Bahasa Inggris. Sedangkan di pilihan kedua, yaitu Master of Service Management tidak diperlukan CV. 

12. Ketika dokumen telah sukses diupload semua, akan ada rentang waktu pembayaran biaya pendaftaran. Semua deadline sudah ada di timeline yang disediakan oleh situs universityadmission, jadi tinggal dicek aja agar proses yang dilakukan sesuai deadline

13. Proses telah selesai dilaksanakan, tinggal nunggu pengumuman deh. Pengalaman saya kemarin, pengumuman hasil seleksi sekitar awal April, dan hasilnya saya gak lolos di pilihan pertama saya, namun lolos di pilihan kedua yaitu Master of Services Management. Agak kaget sih, baru kali ini gak lolos apply di universitas LN. Setelah saya lakukan riset kembali, ternyata salah satu penyebab utamanya adalah kuota mahasiswa internasional untuk pilihan pertama saya sangat sedikit, gak nyampe 20 orang, padahal pendaftarnya ratusan, hehe.. Jadi ya cukup berat juga emang bersaing dengan pendaftar internasional lainnya, apalagi di pilihan pertama ini, portofolio di CV sangat dinilai. Sedangkan yang pilihan kedua saya, kuota untuk mahasiswa internasional cukup banyak, ratusan juga kok.. Jadi kesempatan lolos lebih besar.

Pengumuman hasil seleksi universitas akan ditampilkan di situs https://www.universityadmissions.se dan dikirimkan via email oleh universitas masing-masing

Namun sayangnya, meskipun lolos di aplikasi Master of Service Management, Lund University, saya belum bisa ambil kuliah tersebut karena aplikasi beasiswa SISGP saya gagal.. Tanpa sponsor beasiswa, sepertinya belum bisa saya lanjutkan, jadi terpaksa saya Decline dan lanjut berjuang untuk mendapatkan beasiswa lainnya.


You Might Also Like

0 komentar

Followers