Pesona Lombok

11.29


Karena selalu ada cerita ketika kaki ini menjelajah tanah Lombok.

Mau liburan tapi gak pengen ke tempat yang rame? 
Ada budget tapi cuman cukup buat jalan-jalan di lokalan aja?
Atau mungkin udah ada rencana sweet escape bareng temen-temen atau keluarga?
Lombok, Nusa Tenggara Barat bisa jadi pilihan kamu.

Well, sejatinya kamu gak perlu khawatir karena Indonesia itu gak kalah mempesona kok sama yang ada di negara lain. Bahkan bisa dibilang, soal alam, Indonesia deh juaranya.

Beberapa kali keliling destinasi wisata di Indonesia, bikin saya sering jadi penasihat jalan-jalan dadakan buat temen-temen di sekitarnya saya. Ada yang pengen ke Bandung, Lombok, Labuan Bajo, Wakatobi, Medan, Sabang, bahkan Raja Ampat. Pertanyaan mereka sama, semuanya seputar "budget", "destinasi wisata yang recommend" hingga "pilihan akomodasi dan transportasi".

Dari semua destinasi yang pernah saya kunjungi, Lombok jadi salah satu yang bikin selalu pengen balik lagi ke sana. Kulinernya, pantainya, suasananya, emang bener-bener nagih.

Tahun 2015, Lombok ditetapkan sebagai World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination. Sedangkan pada tahun ini, Novotel Lombok Resort & Villas jadi World Best Halal Beach Resort dan Sembalun Village Region jadi World Best Halal Honeymoon Destination. Jadi makin mantep deh Lombok dapet julukan halal tourism destination. Kalo ngomongin halal tourism gak melulu tentang muslim friendly tourism lho. Karena sejatinya halal tourism destination juga dapat berarti destinasi wisata yang ramah untuk keluarga (family friendly tourism).

Buat yang berencana untuk mengunjungi Lombok dalam waktu dekat, bisa deh simak ulasan singkat dari saya ini :

HOW TO GET THERE?
Kalau kamu berdomisili di Jakarta/Surabaya/Denpasar bisa ambil direct flight ke Lombok PP dengan cost sekitar Rp 750.000,- s/d Rp 1.200.000,- untuk penerbangan LCC (Low Cost Carrier). Tips dari saya, rajin-rajin cek promo di situs-situs penerbangan aja biar bisa dapet harga murah dan ekonomis. Tapi buat yang suka bolang, bisa juga ambil jalur laut Banyuwangi-Bali-Lombok. Dari segi biaya jelas lebih murah, namun waktu tempuh tentu akan jadi lebih lama.

TRANSPORTATION 
Sesampainya di Bandara, gak perlu bingung buat menuju ke Kota Mataram. Ada bus Damri PP jurusan Bandara International Lombok ke Senggigi atau Terminal bis Mandalika dan Mataram dengan biaya tiket Rp 25.000,- sekali jalan. Waktu tempuh sekitar 1-1,5 jam. Atau buat kalian yang mau lebih santai dan emang berangkat rombongan sama keluarga / temen-temen bisa juga langsung sewa mobil aja dengan cost sekitar Rp 500.000 s/d Rp 700.000,- per hari (Mobil tipe Avanza dengan kapasitas 6-7 orang, sudah termasuk driver dan bensin).

WHERE TO STAY?
Ada banyak pilihan akomodasi di Lombok yang bisa kamu pilih sesuai dengan preferensi masing-masing ya. Yang lebih suka menyatu sama penduduk lokal, bisa banget coba homestay di sekitar Desa Sade, Pantai Kuta, Pantai Senggigi atau sekitaran kota Mataram dengan cost sekitar Rp 200.000,- s/d Rp 400.000,- per malam. Kalau lebih suka hotel modern, ada banyak hotel bintang di daerah tengah kota Mataram maupun resort sekitar Pantai Senggigi maupun Pantai Kuta dengan cost sekitar Rp 300.000,- s/d Rp 1.500.000,- per malam.
Saya sendiri sudah dua kali ke Lombok dan memilih menginap di Hotel Golden Tulip di Kota Mataram. Pertimbangannya karena lokasi yang strategis dan nyaman. Jika menginap di Golden Tulip, pagi-sore kita bisa memilih untuk melancong ke arah Senggigi atau Kuta (berhubung dua destinasi tersebut berbeda arah dan hotel Golden Tulip berada di tengah kota sehingga sangat strategis). Sedangkan malam harinya kita bisa mencicipi kuliner khas Lombok yang ada di sekitar hotel (di pusat kota Mataram).

DESTINATION
Berwisata di Lombok itu harus pinter-pinter bikin ittenary karena destinasinya nyebar ke berbagai arah (gak di satu kawasan yang sama).

Kalau pengen jelajah Lombok Selatan bisa mampir ke destinasi berikut ini :
1. Desa Sasak Sade
2. Pantai Kuta Lombok
3. Pantai Seger
4. Tanjung Aan
5. Pantai Selong Belanak
6. Pantai Mawun

Tapi kalau mau nikmatin ramenya destinasi Lombok Barat, bisa juga ke arah Pantai Senggigi buat liat sunset atau langsung nyebrang ke Gili Trawangan (sekitar 45 menit dari Senggigi).

Selain wisata dalam kota, Lombok juga punya Gunung Rinjani yang gak kalah mempesona dan worth it banget buat didaki lho. Banyak destinasi wisata cantik di sekitar kaki Rinjani seperti air terjun-air terjun yang cakep. Cuman buat menuju ke sana, butuh waktu yang lebih lama kerena letaknya yang cukup jauh juga dari pusat Kota Mataram. Kalau kalian punya waktu satu minggu buat jelajah Lombok, pasti cukup lah.


CULINARY
Pulang keliling ke destinasi, bisa lah mampir icip-icip kuliner di sekitar Kota Mataram, ada banyak pilihan menu seperti :
1. Ayam Taliwang plus Plecing Kangkung 
Rekomendasi saya sih di Ayam Taliwang Irama daerah Cakranegara, bumbunya mantep banget dan pedesss.
2. Sate Rembiga 
Ada satu tempat sate Rembige paling terkenal di dekat Hotel Golden Tulip, lupa deh namanya cuman hafal tempatnya, tapi tanya orang sekitar sana aja pasti tau kok.
3. Beberuk Terong
Semacam lalapan berupa terong ungu mentah yang dipotong-potong dadu dan disiram bumbu, biasanya bisa dipesan di restoran Ayam Taliwang juga.
4. Bebalung
Tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu khusus. Saya pribadi belum pernah coba tapi pernah liat sih mirip-mirip kayak sop iga sapi gitu deh kayaknya.
5. Nasi Balap Puyung
Nasi putih dengan lauk suwiran ayam pedas, kacang kedelai, udang kering dan abon serta belut kering. Belum pernah nyoba juga tapi serius deh bakal nyoba kalo dapat kesempatan ke Lombok lagi nanti.

SOUVENIR 
Ada satu toko oleh-oleh paling ngehits dan recommended di Kota Mataram, yaitu SASAKU. Buat yang pernah ke Lombok pasti ngerti lah.. Di sini tersedia berbagai macam souvenir serta oleh-oleh khas Lombok mulai dari pernak-pernik dari tenun, aksesoris mutiara, kaos oblong dengan desain kreatif tentang Lombok, baju pantai warna-warni yang bisa jadi pilihan buat santai kayak di pantai, hingga jajanan rumput laut bergizi khas daerah sini. Dari segi harga, cukup bersaing. Tapi SASAKU punya keunggulan dengan mendesain toko souvenirnya seperti swalayan sehingga orang yang datang bisa lebih nyaman buat milih-milih. Pokoknya kalo lagi di SASAKU, waktu itu krasa cepet banget, sejam masih kurang deh buat milih-milih desain kaos yang super keren.

Alamat SASAKU ada di Komplek Pertokoan Dasan Cermen, Jl. Raya Lembar No. 31 & 32, Dasan Cermen, Sandubaya, Kota Mataram.

-&-

Banyak yang bilang Lombok itu mirip Bali. Tapi menurut saya, ada miripnya ada enggaknya juga sih. Mirip dari segi alam, berbeda dari segi suasana. Lombok gak se-crowded Bali. Buat yang cari ketenangan, cocok liburan di Lombok, terutama ke Lombok Selatan ya. Lombok itu family friendly tourism. Makanya gak jarang juga saya lihat satu keluarga yang terdiri dari ayah ibu dan anak-anaknya yang lagi asik berenang atau berjemur di pantai, baik itu wisatawan nusantara maupun mancanegara. 

Lombok itu punya paket lengkap. 
Mau wisata budaya, ada. 
Mau wisata religi, ada.
Mau wisata kuliner, ada. 
Mau wisata petualang, ada. 
Mau wisata alam, ada. 
Mau wisata rame-ramean, juga ada. 

So, wajib deh buat kalian masukin Lombok sebagai salah satu dari 10 Top List Destination yang patut dikunjungi di tahun 2017 nanti. 


Karena memang selalu ada cerita saat kaki ini menjelajah tanah Lombok. 

You Might Also Like

0 komentar

Follow Me On Facebook