A Journey To The City of Dream : ApacCHRIE Youth Conference 2013 (Day 2 - May 22th 2013)

19.23

Di hari kedua ini, panitia hanya memberi intruksi bahwa dress code kita adalah casual. Belum terbayang sih apa yang bakal kita lakuin nanti. Kalau liat di conference schedule, kelihatannya banyak sesi materi seminar. tapi gak tau juga kalau panitia kasih surprise buat kita, hehe.. Karena kita agak ngrasa aneh juga, masak ikut sesi materi seminar pake pakaian casual. Definisi casual seperti apa yang dimaksud sama panitia sebenernya? Kita takut salah kostum banget.. Mau pakai kemeja, takut kalau terlalu formal. Alhasil, kita bertiga mutusin buat pakai pakaian kuliah biasanya aja dah.. :)

Daaan, sesampainya di University of Macau, kita langsung masuk ruangan materi. Ada 2 jenis materi yang akan kita dapet hati ini. 

Yang pertama, materi tentang "The Value of Personality and Charisma", disampaikan oleh Mr. Reggie Martin, Senior Manager dari Venetian Macau. Dalam sesi ini, Mr. Reggie sangat interaktif dengan peserta. Beliau menyampaikan bagaimana caranya meningkatkan personality kita dan membangun kharisma. Orang yang memiliki personality yang baik dan berkharisma, akan memperoleh berbagai macam manfaat dalam hidupnya. Mr. Reggie bercerita tentang pengalamn pribadinya, dia berasal dari keluarga kulit hitam di Amerika, hidup di tengah lingkungan yang buruk, sebagian besar kawan kecilnya telah meninggal karena gangster dan narkoba. Namun dia sangat beruntung bisa lahir di keluarga yang istimewa. Seumur hidupnya, Mr. Reggie selalu menghindari gaya hidup tidak sehat, dia tidak merokok maupun minum alkohol. Dia selalu menunjukkan kharismanya pada orang lain agar tercipta hubungan yang kuat antara dia dan orang tersebut. Jika diumpamakan, orang yang berkharisma tidak perlu punya banyak uang untuk dapat menginap di hotel mewah, karena orang berkharisma memiliki teman pemilik hotel mewah. 

Sedangkan materi yang kedua adalah Responsible Tourism dari Dr. Vikneswaran Nair, Associate Professor, School of Hospitality, Taylor's University, Malaysia. Di dalam sesi ini, Dr. Vikneswaran lebih menekankan seberapa pentingnya responsible tourism saat ini. Tanpa kita sadari, aktivitas wisata dari masyarakat dunia saat ini sudah menyebabkan pencemaran alam. Banyak pantai di beberapa negara yang dulu sangat bersih dan indah, namun kini penuh sampah karena mulai ramai dikunjungi wisatawan. Tanpa kita sadari, sampah yang dihasilkan oleh hotel maupun hostel di dunia sudah semakin banyak dan tidak terkontrol. Adanya pencemaran lingkungan tersebut bisa merugikan makhluk hidup lain, baik manusia maupun hewan. Oleh sebab itu, kita harus mulai menyeimbangkan kegiatan pariwisata dengan kebersihan alam. 

Dua sesi materi terlewati sudah. Lalu apa acara selanjutnya? Ternyata panitia sudah menyiapkan game untuk kita semua. :D

and this is my new team :D
persiapan sebelum game dimulai

The Game

Dalam permainan ini, kita dibagi menjadi 10 kelompok. Step 1, setiap tim menerima satu amplop berisi petunjuk apa aja harus dilakukan oleh tim tersebut agar menjadi pemenang. Jadi, waktu itu kita dapet beberapa kertas kecil bertuliskan beberapa tempat di University of Macau. Tugas kita harus pergi ke tempat yang ada di petunjuk untuk mencari amplop coklat. Di dalam amplop tersebut terdapat opsi jawaban dari pertanyaan yang akan diajukan di Final Game. Tim yang jawabannya paling banyak benar, maka dialah pemenangnya.  Jadi deh kita harus lari-lari keliling University of Macau. nak turun tangga. Capek sih, tapi bener-bener fun banget :D Sebenernya total ada 8 amplop yang harus kita kumpulkan. Namun sayang, kita gak berhasil nemuin amplop ketujuh. Udah ngublek-ngublek lokasi ketujuh, tapi tetep aja gak ketemu. Akhirnya ya kita langsung aja ke lokasi ke delapan dan pergi ke ruang tempat Final Game. Meskipun akhirnya tim kami kalah di Final Game, tapi kami tetep happy :D

sesampainya kita di kelas buat Final Game


 foto bareng tim lawan kita di Final Game nih :D


Goes to Taipa House

Ini jadwal terakhir di hari kedua, jalan-jalan bareng ke Taipa House. Jaraknya cukup deket dari Univerity of Macau, sekitar 1 km dah. Di sana ada pusat oleh-oleh Macau juga. Jadi kita bisa sekalian belanja, hehe..


 




Tanpa disangka-sangka, acara hari ini benar-benar menyenangkan dan jauh sekali dari kesan formal. Game-game yang dibuat dapat mendekatkan kita antar peserta, maupun dengan panitia. Bahkan ada satu panitia, bernama Joyce, yang sangat akrab dengan saya. Ini adalah hari terkahir dia ikut serta dalam acara ini, sebab keesokan harinya dia akan berangkat ke Thailand untuk liburan. Oleh karena itu, dia sempat mengajak saya untuk keluar bersama setelah acara selesai. Namun sayang, saya tidak bisa bertemu Joyce malam itu karena ada sedikit masalah. Saya harus membantu Mas Cato yang kehilangan dompetnya saat acara hari kedua ini berlangsung. Jadi cuman bisa kontak Joyce lewat socmed dah, hehe.. But it was so nice I can meet her, She is so kind :)

Me and Joyce
 Someday if I visit Macau again, I'll contact you.. :D



to be continue to Day 3...

You Might Also Like

2 komentar

  1. i hope that i can read this in English. by the way, how are you? Im Ernest Ong - one of the participants in Apacchrie 2013 Macau, from Philippines

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Ernest! I'm so glad you find my blog. But, anyway, how did you find this page? haha Absolutely I never forget you, I always remember every person I met in Apacchrie 2013. I'm doing good, boy. So, how do you do? I do really sorry just answer your comment Ernest. The thesis in my last semester take so much time of my life and it makes me rarely to check this blog.

      Hapus

Follow Me On Facebook