Strategic Roles of Youth Movement Through Entrepreneurship Development Program in University

10.07



"Berikan aku satu pemuda, akan kuguncang Indonesia. Dan berikan aku sepuluh pemuda, akan kuguncang dunia."-Soekarno-


             Sejak zaman kemerdekaan 67 tahun yang lalu, kontribusi pemuda terhadap bangsa sudah terlihat dengan sangat jelas. Berbagai macam organisasi kepemudaan muncul untuk memperjuangkan nasib bangsa ini. Nah, lalu bagaimana dengan peran pemuda Indonesia saat ini? Pertumbuhan generasi muda di Indonesia sekarang sudah hampir 30% dari total seluruh jumlah penduduk. Hal tersebut tentu akan berdampak pada peta kependudukan Indonesia. Diperkirakan pada tahun 2017, jumlah penduduk produktif akan lebih besar daripada usia non-produktif. Jelas, peran anak muda akan menjadi sentral dalam pembangunan dan persaingan di era global. 
          Dalam proses untuk menjadi negara maju, idealnya sebuah negara harus memiliki 3,5 persen wirausahawan dari total jumlah penduduk. Negara yang sudah mencapai presentase ideal itu adalah Amerika Serikat dan beberapa negara maju lainnya. Di Indonesia sendiri, dari sekitar 340 juta penduduk, baru sekitar 400 ribu yang memilih profesi sebagai wirausahawan atau hanya 0,18% dari total jumlah penduduk. Di sinilah, potensi generasi muda Indonesia yang sangat besar harus mulai dioptimalkan.
       Di berbagai universitas di Indonesia saat ini sudah mulai digalakkan program pengembangan kewirausahaan (entrepreneurship development program). Ada beberapa program yang diwujudkan dalam bentuk mata kuliah wajib, kompetisi internal, bahkan ada juga yang sudah direncanakan untuk menjadi satu konsentrasi baru. Seperti yang telah diterapkan oleh Universitas Airlangga, tempat saya menimba ilmu saat ini. Di Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Airlangga, terdapat mata kuliah kewirausahaan (KWU) dan Manajemen Usaha Kecil dan Menengah (MUKM). Kedua mata kuliah tersebut pada intinya sama-sama bertujuan untuk memupuk jiwa kewirausahaan pada mahasiswa. Kita sebagai mahasiswa diberi kesempatan untuk berkreasi dan belajar berwirusaha dengan didampingi oleh mentor-mentor professional. Selain itu, mahasiswa juga mulai dibimbing tentang bagaimana caranya mengelola sebuah usaha sehingga dapat terus berkembang melalui berbagai macam penerapan ilmu manajemen. Dan pada tahun 2014 nanti, rencananya Universitas Airlangga juga akan mulai membuka konsentrasi kewirausahaan di jurusan Manajemen. Pembukaan konsentrasi baru ini diharapkan dapat mengakomodasi mahasiswa yang memang benar-benar ingin fokus mendalami dunia wirausaha.
          Serangkaian program yang diadakan oleh Universitas Airlangga tersebut merupakan program pengembangan kewirausahaan (entrepreurship development program). Program-progam itu bertujuan untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang tangguh dan dapat berkontribusi dalam rangka meningkatkan angka wirausahawan di Indonesia saat ini. Usaha dari pihak institut pendidikan kini telah dilaksanakan. Sekarang giliran bagaimana mahasiswa, yang berperan sebagai eksekutor dapat memaksimalkan kemampuannya untuk perkembangan bangsa.
        Mahasiswa sejatinya dapat menjadi katalisator pertumbuhan perekonomian Indonesia melalui perannya di bidang kewirausahaan. Dari entrepreneurship development program tersebut, diharapkan dapat terlahir entrepreneur-entrepreneur muda baru di Indonesia ang mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Semakin banyak lapangan pekerjaan yang tersedia, semakin sedikitnya kemungkinan jumlah pengangguran di Indonesia. Dengan begitu perekonomian Indonesia akan terus beranjak naik. Adanya peran strategis dari para generasi muda ini akan berdampak positif bagi laju perekonomian Indonesia. Zaman sekarang, saatnya yang muda yang beraksi! 

Refrensi :
http://news.okezone.com/read/2013/04/25/337/797638/redirect

 

You Might Also Like

0 komentar

Follow Me On Facebook